Minggu, 12 Agustus 2012

Lembaran Baru


Ini adalah pilihan. Ketika kebanyakan orang yang beranjak dewasa, mereka akan merasa sendiri, mencari jati diri. Hal inilah yang aku rasakan kini. Aku sering merasa kesepian. Meskipun banyak orang di sekelilingku. Mereka baik, bahkan lebih baik dari yang kuduga. Mereka menghargai apa yang aku lakukan. Mereka juga membantuku beradaptasi dengan dunia kerja. Ya, mereka adalah partnerku. Guru-guru di SM Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya.

Kini, sudah bukan waktunya lagi bersenang-senang. Seperti yang kulakukan saat masih kuliah. Tetapi, terkadang aku merindukan hal itu. Merindukan melakukan hal-hal konyol dengan teman-teman kuliah. Kurasa, baru kemarin aku masuk bangku perkuliahan. Tapi, kenyataanya kini aku sudah meninggalkan suasana kampus. Suasana yang tak akan kulupakan seumur hidupku. Saat-saat sibuk mengerjakan tugas kuliah, saat-saat mengantuk di kelas, saat-saat serunya kerja kelompok, dan semua waktu yang kulalui saat di kampus, adalah saat-saat yang terindah. Semua orang yang terlibat di dalamnya adalah orang-orang yang sangat berarti. Terkadang aku menyesal, mengapa dulu aku tidak belajar dengan sungguh-sungguh. Banyak hal yang belum kuketahui saat masih kuliah. Banyak hal yang tidak kuketahui harus kukerjakan saat ini. 

Mengajar sudah menjadi keseharianku kini. Tapi aku merasa tak lebih pintar dari murid-muridku. Mereka lebih kreatif dari yang kuperkirakan. Berbeda dengan bayanganku saat masih kuliah. Kulihat senyum-senyum mereka. Kurasakan semangat mereka, murid-murid SMP. Hal itu semakin membuatku rindu menjadi mahasiswa kembali. Baru kurasakan, profesi pengajar bukanlah profesi main-main. Benar kata orang, Profesi guru bukanlah semata-mata memberikan informasi, tetapi di sana juga dibutuhkan keikhlasan, kesungguhan, dan pengabdian. Aku merasa, aku belum mampu untuk itu. Tetapi aku belajar untuk bisa seperti itu. Apa yang kudapatkan selama kuliah, apa yang dicontohkan dosen-dosenku saat kuliah, kucoba mengerti kini. Pengalaman dan apa yang dikatakan dosen-dosenku sungguh sangat terasa saat ini. Oleh karena itu, aku merasa empat tahun adalah waktu yang sangat singkat. Bukan masalah lulus kuliah tepat waktu, tetapi pengalaman dan kebersamaan saat kuliah adalah kenangan yang sangat berarti.

Terima kasih kepada semua. Teman-teman, para dosen, para staf. Saya yakin, waktu yang singkat di kampus akan bermanfaat bagi kita semua. Saya juga berterima kasih kepada seseorang yang hampir tiga tahun mengisi hatiku, bahkan sampai saat ini. Kebersamaan kita adalah yang terindah. Hingga kini, ku masih berharap kita akan bersama lagi seperti dulu. Salam JBSI Unesa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar